CELOTEH ANAK BETAWI

ASSALAMU'ALAIKUM...! MAMPIR YEEE DI MARI...! YUUUK...

Saturday, January 21, 2012

SAYA TERNYATA SAKIT GONDOK-AN!

   Waktu kecil, saya pernah ngeliat seorang nenek yang menderita gondok. Ukurannya kira-kira sekepalan tangan orang dewasa. Dan daging tumbuh itu tumbuh menggelambir di bawah lehernya. Saya, diam-diam suka ngeliatin nenek itu. Walau sempet bikin ngeri, tapi saya juga  iba ngeliatnya. 

     Tapi, meskipun kelihatannya menderita, nenek itu kayaknya nggak merasakan apa-apa, deh. Enggak pernah saya lihat mimik wajahnya yang meringis kesakitan akibat penyakit gondoknya itu. Atau, nggak pernah saya lihat dia teriak-teriak ribut karena menderita gondok. Sebenernya, penderita gondok itu merasakan sakit enggak, sih?

     Ngomong-ngomong soal penyakit gondok, tanpa saya sadari, ternyata saya sendiri juga mengalaminya. Dan tanpa saya sadari juga, hal itu berlangsung sudah lama sekali.

     Awalnya, saya nggak ngira kalo ketidaknyamanan yang saya rasakan belakangan ini, akan menyebabkan "gondok". Dan akhirnya, setelah saya  simpulkan sendiri kegundahan hati saya, bahwa saya emang beneran gondok! 

    Cuman, kalo penderita gondok itu tumbuhnya di bagian leher, sedangkan gondok saya tumbuhnya nyempil di dalam hati. Kalo aja "gondokan" di hati saya bisa dilihat langsung dari luar tubuh, saya rasa, ukurannya mungkin sudah sebesar kelapa ijo.

     Soal kenapa saya kena "gondokan", semua bermula dari kegemaran saya membaca. Semua jenis buku bacaan yang bermanfaat, saya suka semua. Apalagi kalo bacaan itu berupa cerita fiksi, akan saya lahap habis sampe saya terkadang lupa waktu. 

     Karena emang gemar baca, saya juga langganan sebuah tabloid top ibukota. Setiap masa terbit tabloid itu tiba, maka sambil menyapu halaman, saya menanti dengan setia tukang koran langganan saya.

     Dan, setiap tukang koran tiba, ada aja mulut-mulut nyinyir yang nyeletuk gak penting. Seperti misalnya, "Noh, liat deh bininya si anu, senengnya beli koran terus! Banyak duit 'kali, ya..." cetus seseorang. Dan nggak hanya satu kali saya "dilempari" komentar miring seperti itu. Walau hati jengkel tapi saya berusaha untuk diam.


     Ketika itu saya nggak menanggapi. Mungkin sudah sifat orang tersebut seperti itu adanya,   sehingga apa saja yang ditangkap matanya ia komentari. 


      Buat saya, kegemaran membaca itu nggak harus memiliki uang untuk membeli berbagai macam bacaan. Punya uang pun kalau nggak ada keinginan membaca, maka nggak akan  pernah kita mendapatkan media tulisan yang bisa dibaca. Kalaupun saya membeli/berlangganan sebuah tabloid bukan karena saya banyak duit. Tapi karena saya merasa nyaman ketika membaca.


     Soal "gondokan" saya yang makin membuat nggak nyaman,  perlahan tapi pasti mulai sirna  dari hati saya. Ini mungkin karena saya nggak pernah menanggapi ocehan orang itu. Sampai kemudian dia bosan sendiri dan nggak pernah nyeletuk lagi kalo ada tukang koran datang.


     Alhamdulillah, akhirnya saya terbebas dari penyakit yang meresahkan hari-hari saya kemarin. Penyakit "gondokan" saya hilang, selain dikarenakan saya juga rajin meminum Ramuan Cuekin Aza!
     
      

No comments: