CELOTEH ANAK BETAWI

ASSALAMU'ALAIKUM...! MAMPIR YEEE DI MARI...! YUUUK...

Monday, January 30, 2012

SAYA ANAK BETAWI

    Saya adalah anak betawi tulen! Babe, Enyak, Engkong, dan Nenek saya, semuanya asli betawi. Orang bilang, suku betawi itu suku yang nggak berbudaya, atau, ada juga yang bilang orang betawi itu ketinggalan jaman, sering kena gusur, lalu tinggal di pinggir kampung. Tapi, apa iya seperti itu kenyataannya? 

     Kalo sering kena gusur dan tinggal di pinggir kampung sih, emang iya juga kali, ya. Soalnya, suku betawi kan emang penghuni Ibukota. Jadi, mau nggak mau kalo waktunya kena gusur, ya kita minggir, dah. Abis mau gimana lagi, coba? Mungkin emang buat kemajuan kota Jakarta 'kali. 





     Tapi, kalo soal nggak berbudaya, seperti mungkin orang betawi ngomongnya nyablak, asal ngejeplak, ya emang seperti itulah gaya bicara orang betawi. Dialeknya meskipun ceplas-ceplos tapi masih punya tata krama dan etika, kok. Jadi, jangan pernah bilang orang betawi nggak berbudaya, loh. Kalo sekiranya ada tambahan lain tentang 'nggak berbudaya' ini, silahkan Anda melengkapi tulisan saya ini dengan kata-kata yang tidak menyinggung ataupun melecehkan pihak manapun. 

     Terus, kalo soal orang betawi itu ketinggalan jaman, kate siape, coba? Itu kan dulu. Menurut saya pribadi, orang betawi udah mulai menunjukan 'taring'-nya. Peka terhadap perkembangan jaman. Bersedia mendukung anak-anaknya bersekolah setinggi mungkin. Punya tekad yang kuat untuk terus maju, berkarya, serta bersosialisasi dengan beragam RAS demi kemajuan dan ketentraman kota Jakarta tercinta.

    Meskipun sudah tergusur di pinggir kampung, tersisih, nggak lantas orang betawi menjadi minder. Nggak lantas menyurutkan senyum dan celoteh ramah kepada para pendatang baru di kota besar ini. Orang-orang betawi selalu ramah kepada siapa saja. Sigap menolong jika orang lain butuh bantuan, tanpa pandang bulu. Begitulah orang betawi, yang jika datang waktu sholat, kaum laki-laki berdatangan ke musholla atau masjid untuk menunaikan sholat berjamaah. Sedangkan kaum perempuan, terutama para Ibu semakin rajin dan rutin mengadakan pengajian baik siang maupun malam. 

     Saya tentu bangga menjadi anak betawi. Seluk beluk budayanya yang unik, keramahan orang-orangnya, dialeknya, lingkungannya, semuanya...! Saya sungguh merasakan, betapa indahnya berada dalam suasana lingkungan betawi. 

     Saya memang bukan seorang penulis yang pintar merangkai kata-kata. Maka itu, bila ada kekurangan dalam tulisan saya ini, mohon kiranya dimaklumi. Dan bila ada kata-kata saya yang menyinggung, yang melanggar aturan, atau apapun itu, mohon dimaafkan.
  
    


           
                
                     

No comments: