CELOTEH ANAK BETAWI

ASSALAMU'ALAIKUM...! MAMPIR YEEE DI MARI...! YUUUK...

Thursday, August 23, 2012

KHAS BETAWI

                                                                                                                       
                                                                                                                                                                             KUE PEPE


   Kalau mau mencicipi kue ini, singgah saja di perkampungan betawi. Biasanya, kue dengan warna menggoda ini banyak dijumpai pada acara-acara keluarga seperti, acara hajatan dan acara resmi lainnya.
       Di kampung saya, Kue Pepe ini biasanya banyak yang memesan bila sanak saudara hendak melangsungkan hajatan. Dengan jumlah kue yang terdiri 4 sampai 6 loyang, yang membawanya harus menggunakan baskom yang dibungkus kain, tentu saja membutuhkan tenaga ekstra untuk mengangkat kue ini. Karena, satu loyang Kue Pepe ini beratnya bisa sampai kurang lebih satu kilo. Jadi kebayang, kan, betapa merepotkan membawa kue yang beratnya berkilo-kilo sementara tubuh sudah terbalut pakaian indah, serta rias-an wajah yang cantik.
     Seperti yang saya tahu, sekarang ini sudah banyak Kue Pepe yang sudah dikemas mungil dengan ukuran sekali makan habis. Tapi pada kenyataannya, orang-orang di kampung saya lebih menyukai kemasan Kue Pepe dalam bentuk loyang.
     Beratnya kue bukan halangan berarti untuk lebih memperkokoh tali silaturahmi. Bagi warga betawi di kampung saya, Kue Pepe bukan sekedar untuk memberi bantuan ataupun  hantaran kepada orang yang dikehendaki. Namun lebih daripada itu, pada setiap lembar manis-legitnya Kue Pepe, ada sukacita, kehangatan, dan kebahagian yang bisa dirasakan bersama sanak saudara, teman, sahabat, tetangga, dan juga orang-orang di sekitarnya. Hanya sayangnya, saya makin jarang menjumpai kue ini pada acara hajatan. Mungkin, karena hal ini disebabkan oleh berat kue dan bahan baku kue yang serba mahal. 
      

 


    

No comments: